VERITAS REDEMPTOR MUNDI – MEDIA KOMUNIKASI UMAT PAROKI REDEMPTOR MUNDI

Kompendium Katekismus Edisi No. 12, Thn III 22-23 Maret 2014 Hari Minggu Prapaskah III


Jadwal Misa

Sabtu :
Bahasa Indonesia – Pkl 18.00

Minggu :
Bahasa Indonesia – Pkl 06.00, Pkl 08.00, Pkl 16.30
Bahasa Inggris – Pkl 10.00, Pkl 18.30

Misa Harian :
Bahasa Indonesia – Pkl 05.30

Misa Bhs. Jawa :
Setiap hari Sabtu minggu kelima Pkl 18.00

Misa Bhs. Mandarin:
Setiap Hari Minggu Kelima Sore Pkl 15.00 WIB

Kompendium Katekismus Edisi No. 12, Thn III 22-23 Maret 2014 Hari Minggu Prapaskah III
BAGAIMANA HUBUNGAN BELAS KASIH ALLAH DENGAN PERTOBATAN?”

Perumpamaan Anak yang Hilang (Luk 15:11-32) menggambar-kan kenyataan yang sederhana dan mendalam tentang pertobatan. Pertobatan adalah pernyataan tentang rahmat kasih yang bekerja dan kehadiran belas kasih Allah dalam kehidupan seseorang. Belas kasih Allah di sini tidak dimaksudkan untuk merendahkan si penerima tetapi untuk memberikan martabat yang sepantasnya kepadanya sehingga ia dapat melihat dirinya sendiri dan segala perbuatannya dalam terang kebenaran. Belas kasih bapa inilah yang kemudian mengembalikan martabatnya sebagai ‘anak’ dan boleh kembali mengambil bagian dalam kehidupan bapanya.

Dengan kadar yang berbeda, mungkin kita semua pernah mengalami sebagai ‘anak yang hilang’ di dalam hidup kita. Pada saat kita terpuruk oleh berbagai masalah, misalnya sakit, masalah pekerjaan atau keuangan, masalah keluarga, kita menjadi sadar bahwa kita telah sekian lama meninggalkan Tuhan, terlalu disibukkan oleh urusan kita sendiri, atau kurang bergantung pada Tuhan. Kita pun mengalami pertobatan seperti si anak bungsu. Sepantasnya kita mengingat bahwa belas kasih Allah-lah yang menggerakkan kita untuk berbalik kembali kepada-Nya, namun kita pun harus menjawab dorongan tersebut dengan kehendak kita sendiri. Semakin kita menyadari akan belas kasih Tuhan, semakin kita harus selalu mempunyai keinginan untuk selalu bertobat, yaitu ‘pulang’ kembali ke rumah Bapa. Allah Bapa selalu menantikan kita; Ia siap mengampuni dan menerima kita kembali. Namun kita harus membuat keputusan: “Aku mau pulang. Ampunilah aku, ya Tuhan, sebab aku telah berdosa terhadap Engkau… ” Dan sungguh, belas kasih Allah akan menyambut kita dan seluruh isi Surga bersuka cita atas pertobatan kita.

Jadi belas kasih Allah itu lebih besar daripada dosa manusia. Belas kasih Allah ini mencapai puncaknya melalui Misteri Paskah yaitu sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga. Melalui Misteri Paskah Kristus ini, kita menerima pengampunan dan belas kasih Allah yang mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya, dan di dalam Kristus, kita mengambil bagian dalam kehidupan Ilahi-Nya.

Leave a Reply

Gereja Redemptor Mundi

Dukuh Kupang Barat I/7
Surabaya, 60225 East Java
Phone: +62-31-562-3013, 567-4137
Fax : 62-31- 562-4682
Website: http://redemptormundi.net
Email: info[at]redemptormundi.net

Jadwal Misa di Redemptor Mundi

+Misa Harian Jam 05.30 WIB
+Misa Jumat Pertama Jam 18.00 WIB
+Hari Sabtu Sore Jam 18.00 WIB
+Hari Minggu Misa I Jam 06.00 WIB
+Hari Minggu Misa II Jam 08.00 WIB
+Hari Minggu Misa III Jam 10.00 WIB (Misa Bahasa Inggris )
+Hari Minggu Misa IV Jam 16.30 WIB
+Hari Minggu Misa V Jam 18.30 WIB (Misa Bahasa Inggris)
+Setiap Hari Sabtu Minggu Kelima Sore Jam 18.00 WIB (Misa Bahasa Jawa)
+Setiap Hari Minggu Kelima Sore Pkl 15.00 WIB (Misa Bahasa Mandarin)

Kalender Liturgi Gereja Katolik